SUARAKABAR.COM – Jakarta – Ditengah hiruk pikuknya pelantikan Presiden Jokowi dan Calon Menteri Kabinet Kerja II, ternyata hari ini merupakan Hari Santri Nasional ( HSN), Selasa (22/10/2019). 

Peringatan ini sebagai bentuk penghormatan bangsa Indonesia terhadap peran santri, yang telah ikut berjuang untuk kedaulatan NKRI.

“Para santri sangat berperan dalam memperjuangkan kedaulatan NKRI,” ujar Fahira Idris anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta.

Fahira Idris yang juga sekaligus Ketua Umum Bang Japar, menjelaskan sejarah Hari Santri Nasional bermula dari resolusi jihad yang dicetuskan oleh pendiri NU KH Hasyim Asy’ari, pada 22 oktober tahun 1945.

“Resolusi jihad itu bertujuan untuk mencegah kembalinya tentara belanda yang mengatasnamakan NICA ke Surabaya,” jelasnya.

emerintah telah mengumumkan logo dan tema resmi untuk peringati Hari Santri 2019. Tema Hari Santri Nasional 2019 berisikan ‘Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia’.

Memperingati Hari Santri Nasional 2019, Fahira Idris mengajak masyarakat untuk membagikan ucapan kepada teman sahabat atau dijadikan status di media sosial.

“Setiap fase perjalanan penting negeri ini ulama dan santri selalu menjadi inspirasi. SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL 22 OKTOBER 2019” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.