Pencari Suaka di Kalideres Mulai Jorok BAB Sembarangan

SUARAKABAR.COM – Lantaran menimbulkan aroma tak sedap dilokasi penampungan pencari suaka di Jalan Bedugul, Daan Mogot Kalideres dari para pencari suaka yang jorok. Puluhan orang tua siswa Sekolah Dian Harapan melakukan aksi bersih – bersih.

Sayuri selaku koordinator orang tua siswa Dian Harapan mengatakan, kegiatan bersih-bersih dilakukan untuk menghindari hal -hal yang tidak diinginkan seperti gangguan kesehatan. 

Mengingat lokasi penampungan berdekatan dengan Sekolah Dian Harapan.

“Nah hari ini, kita melakukan kegiatan bersih-bersih supaya nggak bau. Karena anak anak kan setiap hari lewat sini, jadi jalan ini kita bersihkan supaya tidak ada penyakit,” ujarnya, Senin (16/9/2019).

Dalam aksi bersih – bersih, mereka berkolaborasi denga petugas sarana dan prasaran umum (PPSU) Kelurahan Kalideres.

Selain itu, Sayuri juga memiliki bukti betapa joroknya para pencari suaka. Dimana mereka kerap membuang kotoran mereka ke dalam selokan.

Ditambah lagi, mereka para pengungsi pencari suaka sering buang air kecil sembarang. Padahal didalam penampungan sudah ada WCnya.

Sementara Nana salah satu warga yang tinggal di sekitar lokasi pengungsian turut menyampaikan keluhannya. Sebab, keberadaan para pencari suaka sangat mengganggu kenyamanan dan kebersihan.

Ia berharap pemerintah harus bersikap tegas terhadap UNHCR untuk segera memulangkan para pencari suaka ke negara asal mereka.

“Sejak ada pengungsi memang membuat kami sangat enggak nyaman. Kami minta tolong pemerintah dan UNHCR bertanggung jawab atas hal ini,” imbuhnya.