Sudinhub Jakbar Sosialisasi Penggunaan Trotoar di Jalan Pesanggrahan Kembangan

SUARAKABAR.COM-JAKARTA- Menindaklanjuti keluhan warga terkait trotoar yang penggunaannya untuk lahan parkir pada malam hari di sebagian jalan pesanggrahan Kembangan Jakarta Barat, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat langsung menggelar sosialisasi.

Plt Kasudinhub Jakarta Barat Leo Amstrong menjelaskan, dalam jangka waktu tertentu sangatlah di perlukan rakayasa secara teknis agar mengurangi kemungkinan pelanggaran trotoar digunakan untuk parkir.

“Bila malam hari kemungkinan penyalahgunaan akan semakin besar karena kebutuhan parkir dari kegiatan usaha yang ada dan tidak memiliki lahan parkir yang memadai, hal tersebut juga akan kita koordinasikan dengan intansi-intansi yang terkait,” ujarnya, Sabtu (16/11/19).

Leo juga mengintruksikan jajaranya di Satpelhub Kecamatan Kembangan agar memberikan himbaun terhadap pengguna jalan agar tidak memarkirkan kendaraannya di atas trotoar karena tidak sesuai dengan peruntukannya.

Sosialisasi Penggunaan Trotoar Hak Pengguna Jalan Kaki di Pesanggerahan Kembangan

Sementara itu Kasatpelhub Kecamatan Kembangan Danu Irawadi didampingi komandan regu satpelhub Kembangan Ahmad Subur mengatakan, sinergitas dengan instansi terkait sangatlah penting dalam sosilaisasi penggunaan jalur pejalan kaki yang sedang digencarkan oleh Pemerintah Provinsi Dki Jakarta, sehingga pada akhirnya akan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

“Pelebaran trotoar untuk lebih memfasilitasi masyarakat pejalan kaki, bukan sebagai pengganti lahan parkir,” tandas Danu.

Di lokasi yang sama Camat Kembangan Joko Mulyono beserta jajaran Satpol PP, berharap pihak-pihak terkait harus juga menyosialisasikan ke masyarakat untuk bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan tidak lagi menggunakan trotoar sebagai lahan parkir di wilayah Pesanggrahan Kembangan Jakarta Barat.

“Semua pihak harus terlibat dalam mengurangi penggunaan trotoar sebagai lahan parkir,” katanya.

Selain himbauan dan sosialisasi, kedepannya penyediaan pohon pelindung di trotoar di Jakarta, dengan menanam pohon yang berukuran besar agar dapat melengkapi kenyamanan pejalan kaki ketika berjalan akan terus ditambah. (red)