SUARAKABAR.COM – JAKARTA – Sebanyak Enam orang ditangkap terkait rencana menggagalkan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR RI, Minggu 20 Oktober 2019.

Mereka Adalah SH, I, FAB, RH, HRS, mereka diciduk oleh Polda Metro Jaya . Berdasarkan keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, penangkapan itu bermula ada laporan masyarakat, bahwa ada rencana sekelompok massa yang ingin mengacaukan jalannya pelantikan Presiden.

“Tersangka membuat WhatsApp Group (WAG) pada 16 Juli 2019. Berinisial FAB yang membahas awal mula rencana Penggagalan Pelantikan tersebut,” jelasnya.

Lanjut Argo mengungkapkan, tersangka SH dengan tersangka bernama I menyiapkan bahan-bahan antara lain, katapel kayu, katapel besi, karet gelang, karet ban, plastik explosive berbentuk bulat dan menimbulkan ledakan.

“Tersangka memerintahkan seseorang membuat bom rakitan dengan isi paku yang high exclusive yang bisa melukai orang lain radius 30 meter,” pangkasnya.

Nantinya ujar Argo, bom rakitan itu akan digunakan untuk di Gedung MPR.

”Rencananya akan dipake untuk menyerang aparat dan Gedung MPR,” pangkasnya.

Para tersangka sendiri ditangkap dikawasan Jakarta Timur.

”Mereka kita tangkap di Jatinegara, tersangka I ditangkap dikediamannya,” ujarnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 169 ayat (1), pasal 187 bls ayat(1) hukuman penjara 8 tahun, pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat.“Maksimal hukuman

Leave a Reply

Your email address will not be published.